Other Videos

Goa Maya Denawa


Mengunjungi tempat-tempat yang sarat dengan cerita sejarah dan mithologis jaman dahulu,Goa Maya Denawa sepertinya wajib dikunjungi, lokasinya di Br. Bayad, Tegalalang , Ubud, Kabupaten Gianyar. Nuansa alam indah mengagumkan dengan hamparan persawahan hijau, dengan latar belakang perbukitan, belum tersentuh dan dieksploitasi, sehingga perjalanan semakin seru dengan melakukan trekking, dengan menyusuri lembah sungai Petanu, menyuguhkan udara segar pedesaan, gemericik air dan kicauan burung alam bebas, mengiringi perjalanan menuju lokasi goa sungguh sangat mengesankan.

Pemandangan alam yang indah dengan menyimpan misteri sebuah goa, sejarah kapan dibuatnya goa Maya Denawa ini belum diketahui secara pasti. Sekilas mengenai kisa raja Maya Denawa adalah seorang raja sakti pernah memerintah kerajaan di Bali, dan memerintah dengan kejam dan lalim. Karena kesaktiannya dan kesombongannya melarang rakyat untuk menyembah Dewa (Tuhan), seorang pendeta bergelar Sang kulputih merasa prihatin, bertapa semadhi minta pertolongan Tuhan dalam hal ini Dewa Indra untuk melawan raja.

Pertolongan akhirnya datang, Dewa Indra dan pasukan akhirnya turun ke dunia, untuk melawan kezaliman sang raja, salah satu kesaktian maya Denawa adalah bisa merubah menjadi wujud apa saja, dan itupun bisa dikalahkan oleh Dewa Indra, dan akhirnya Maya Denawa tewas dan bisa dikalahkan, tonggak kemnengan Dewa Indra dan kekalahan Maya Denawa diperingati sebagai kemenangan Dharma melawan Adharma dengan perayaan Hari Raya Galungan. Tempat lainnya yang juga menjadi objek wisata di Bali yang berlatarkan kisah raja Maya Denawa ini adalah pura Tirta Empul Tampaksiring.

Goa pada awalnya secara tidak sengaja ditemukan oleh seorang petani, ada yang mengatakan goa dibuat oleh Maya Denawa untuk bersembunyi, ada juga mengatakan goa ini menjadi tempat meditasi Dewa Indra sebelum melawan Maya Denawa. Pada jaman penjajahan Belanda, Goa ini dijadikan sebagai tempat bersembunyi para pejuang untuk melawan penjajah. Merupakan peninggalan sejarah yang tetap dijaga kelestariannya. Tour di Bali mengunjungi tempat tenang, nyaman dan masih asri, maka Goa Maya Denawa ini bisa diagendakan untuk dikunjungi.

Goa Maya Denawa sekarang ini sering digunakan oleh beberapa orang untuk melakukan meditasi mencari ketenangan bathin. Pada saat bulan purnama sering dijumpai banyak pengunjung untuk melakukan persembahyangan. Di dalam goa ada patung dewa Siwa, Indra dan juga Maya Denawa, terdapat pula sekumpulan kelelawar, yang menjadikan tempat ini kental suasana magis, wisata sepiritual lebih lengkap kalau berkunjung ke goa ini. Goa Maya Denawa bisa menjadi tujuan wisata rohani bagi para penekun spiritual.


Connect & Share
  • YouTube - Black Circle
  • Google+ - Black Circle
  • Twitter - Black Circle
  • Instagram - Black Circle
  • Facebook - Black Circle
  • Black YouTube Icon
  • Black Google+ Icon
  • Black Instagram Icon